Angka Penting, sejenis konvens, penulisan bilangan hasil dari pengukuran. Konvensi ini menjadi penting dalam sains (termasuk didalamnya kimia) karena salah satu ciri dari sains adalah dapat diukur.

Definisi angka penting itu sendiri adalah angka yang diperoleh dari hasil pengukuran. Setiap pengukuran menghasilkan dua angka: angka pasti dan angka takpasti. Angka pasti adalah angka yang diberikan oleh alat ukur sesuai dengan ketelitiannya . Angka takpasti — dalam ilmu pengukuran disebut error atau uncertainty — adalah ketidakpastian karena keterbatasan alat ukur. Tidak ada dan tidak mungkin ada di dunia ini ada alat ukur yang tidak memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, setiap pengukuran pasti menghasilkan ketidakpastian. Namun, tidak semua angka hasil pengukuran merupakan angka penting.

Aturan Penulisan Angka Penting

1.       Semua angka bukan nol adalah angka penting.

Contoh : 1312 memiliki 4 angka penting

2.       Angka nol dibelakang angka bukan nol adalah bukan angka penting, kecuali diberi tanda khusus misal garis bawah.

Contoh : 210 memiliki 2 angka penting

3.       Angka nol yang terletak diantara dua angka bukan nol adalah angka penting.

Contoh : 102 memiliki 3 angka penting

4.       Angka nol di depan angka bukan nol adalah bukan angka penting.

Contoh : 0,0131 memiliki 3 angka penting

5.       Angka nol dibelakang tanda desimal dan mengikuti angka bukan nol adalah angka penting.

Contoh : 5,00 memiliki 3 angka penting

Sebagai tenaga yang sering bekerja di laboratorium kita harus tau bahwa alat ukur di laboratorium memiliki angka penting yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa alat ukur yang terdapat dalam laboratorium dan angka penting yang dimilikinya.

1.Beaker Glass 

Pada gambar terlihat cairan biru berada tepat pada skala 200 mL, itu artinya cairan tersebut memiliki volume 200 mL dengan skala setiap garis panjang nilainya 50 mL, dan garis pendek 25 mL (setengah skala panjang). Artinya cairan pada gambar memiliki 3 angka penting, yaitu 2, 0, 0 yang semuanya merupakan angka pasti. Alat ukur ini dapat memiliki 2 angka taksiran.

2.Labu Ukur

Labu ukur, memiliki keakuratan pengukuran yang tinggi. Dalam sistem pengenceran, untuk zat yang tidak berwarna, penambahan aquadest sampai menunjukkan garis meniskus berada di leher labu. Untuk zat yang berwarna, penambahan aquadets hingga dasar meniskus yang menyentuh leher labu ( meniskus berada di atas garis leher ). Pada labu ukur hanya ada satu skala (garis batas) yang sesuai dengan volume masing-masing labu. Karena kesalahan yang timbul kecil dan sedapat mungkin ditiadakan, maka angka penting pada labu ukur merupakan angka pasti.

3.Piknometer

piknometer merupakan alatyang digunakan untuk mengukur nilai massa jenis atau densitas fluida. dimana nilai volume ini valid pada temperature yangtertera pada piknometer tersebut.

sama halnya dengan labu ukur piknometer adalah alat ukur yang dibuat dengan akurasi tinggi, sehingga kesalahan pengukuran diperkecil. Angka taksiran biasanya tidak terdapat pada piknometer sehingga hasil pengukuran (angka penting) merupakan angka pasti.

4. Pipet Volume (gondok)

Pipet volume berbentuk pipa kapiler yang bagian tengahnya membesar, karena itu sering pula disebut pipet gondok. pipet volume merupakan gelas tinggi, berdiameter besar dengan skala sepanjang dindingnya.

Membaca skala pada pipet volume. Pipet volume ini memiliki 3 angka penting. yaitu 2 Angka pasti dan1  angka taksiran

5. Buret

ini adalah gambar buret dimana buret ini terpasang pada statif (penjepit)

Buret dilengkapi dengan skala-skala (nilai tiap skala adalah 0,1) dan ujung bawahnya dilengkapi dengan kran, kapasitasnya antara 25-50 ml.

Untuk membantu pembacaan tepat letak meniskus digunakan alat sebagaimana ditunjukkan pada gambar . Bila cairan berwarna gelap atau bewarna tua yang dibaca ialah bagian atas meniskus cairan, untuk cairan bening kita membaca skala pada batas miniskus bawah.

Dapat disimpulkan volume cairan tersebut adalah 49,1 ml . Jadi 49,1 ml mempunyai 3 angka pasti yaitu 4, 9 dan 1

Bagi pembaca, selamat menikmati tulisan saya dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua kedepannya. Tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan Sang Pencipta Alam. Kesalahan-kesalahan selalu dapat terjadi, jangan pernah berhenti belajar.

see ya ^-^